Windows 8.1 Akhirnya Lampaui Windows XP


Windows 8.1 akhirnya berhasil melampaui Windows XP! Setelah sekitar 20 bulan di pasaran, tingkat penggunaan Windows 8.1 disebut telah mencapai 13%, melebihi tingkat penggunaan Windows XP, sistem operasi lawas yang masih banyak dicintai penggunanya, yang kini telah turun ke angka 12%. Hal ini membuat Windows 8.1 menjadi OS Windows kedua terbanyak digunakan, tentunya setelah Windows 7.
Berdasarkan pengamatan dari NetMarketshare, Windows 8.1 berhasil melampaui Windows XP untuk pertama kalinya, setelah Windows XP terus menurun tingkat penggunaannya dalam beberapa bulan terakhir. Penurunan Windows XP itu tidak terlepas dari sudah dihentikannya dukungan untuk sistem operasi itu oleh Microsoft. Di sisi lain, peningkatan adopsi Windows 8.1, walaupun masih lambat, sudah dapat mengangkat sistem operasi tersebut ke posisi kedua.
Hasil pengamatan terbaru dari NetMarketshare ini memperkuat pendapat dari pengamat lain, StatCounter. StatCounter sendiri sejak beberapa bulan lalu telah menyebutkan bahwa Windows 8.1 telah melampaui Windows XP.

Terkait peningkatan penggunaan Windows 8.1 sendiri, sejak beberapa bulan terakhir sistem operasi tersebut memang menunjukkan tren peningkatan. Hanya saja, peningatan itu mungkin hanya akan terjadi sesaat saja, mengingat sistem operasi berikutnya dari Microsoft, Windows 10, akan segera hadir. Saat sistem operasi tersebut hadir, bisa dipastikan posisi peringkat tingkat penggunaan ini akan kembali berubah, walaupun mungkin tidak akan terlalu signifikan di awal-awal kehadirannya.

0 Comments